7 Langkah Untuk Mengontrol Asma Anak



Asma adalah penyakit anak kronis (jangka panjang) yang paling umum. Di Amerika sekitar sembilan juta anak didiagnosis menderita asma. Hingga sepuluh persen anak-anak di Eropa juga menderita gejala asma. Sayangnya orang tua dari anak-anak ini sering tidak mendapat informasi tentang berbagai cara untuk mengendalikan asma masa kecil.

Jika Anda mencurigai anak Anda menderita asma, prioritas pertama adalah diagnosis yang benar. Namun, perlu diketahui bahwa gejalanya dapat bervariasi dari episode ke episode dan tidak semua mengi dan batuk disebabkan oleh asma. Gejala seperti asma pada anak di bawah lima biasanya disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri pada saluran udara. Namun jika anak Anda mengalami kesulitan bernapas, yang terbaik adalah membawanya ke dokter apa pun penyebabnya.

Sekitar delapan puluh persen anak-anak yang menderita asma melakukannya sebelum usia lima tahun. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang tinggal di daerah pedesaan memiliki tingkat asma yang lebih rendah daripada mereka yang tinggal di kota, terutama jika mereka menghabiskan lima tahun pertama mereka di daerah pedesaan. Untuk anak-anak yang tinggal di pusat kota alergen kecoak tampaknya memperburuk gejala asma lebih dari tungau debu atau alergen peliharaan. Oleh karena itu langkah penting lain dalam pengendalian asma anak Anda adalah memastikan bahwa rutinitas pembersihan dan pemeliharaan umum diikuti untuk memastikan kecoak tidak didorong ke rumah. Tingkat alergen kecoak ditemukan paling tinggi di apartemen-apartemen bertingkat tinggi.

Faktor lain yang telah dikaitkan dengan perkembangan asma pada anak-anak adalah paparan asap rokok. Sebuah penelitian di Norwegia menunjukkan bahwa hampir sepuluh persen pasien asma dewasa telah mengalami perokok pasif selama masa kanak-kanak. Karena itu langkah lain yang harus diambil di rumah adalah memastikan bahwa anak Anda tidak terpapar asap tembakau.

Jika dokter Anda merekomendasikan penggunaan obat, langkah selanjutnya adalah mendorong anak Anda untuk minum obat. Asma adalah salah satu penyebab utama kunjungan ruang gawat darurat oleh anak-anak. Namun penelitian telah menunjukkan bahwa hingga setengah dari rawat inap ini dapat dicegah jika anak-anak, terutama remaja, mengikuti jadwal pengobatan mereka dengan benar, menghindari pemicu asma mereka dan melakukan kunjungan rutin ke dokter.

Mungkin takut akan efek samping atau ketergantungan, atau kesan bahwa tidak keren untuk terlihat minum obat mencegah anak-anak minum obat mereka secara teratur sebagaimana mestinya. Mungkin gejala asma yang berselang membujuk anak-anak dan orang tua mereka bahwa tidak penting untuk minum obat jika tidak ada gejala. Ini sebuah kesalahan. Bahkan ketika tidak ada gejala yang jelas, paru-paru penderita asma akan meradang.

Fakta bahwa kondisi tersebut tampaknya berjalan dalam keluarga dengan riwayat asma atau alergi menunjukkan bahwa orang-orang tertentu dilahirkan dengan kecenderungan asma. Beberapa orang mungkin percaya Anda dilahirkan dengan kondisi tersebut dan tidak ada yang dapat Anda lakukan. Namun lingkungan anak juga dapat memainkan peran penting. Studi telah menemukan bahwa paparan alergen potensial seperti hewan peliharaan dan serbuk sari dalam enam bulan pertama kehidupan dapat mengurangi kemungkinan mengembangkan asma nanti. Namun paparan di atas usia enam bulan memiliki efek sebaliknya. Terlahir dalam keluarga yang sudah memiliki saudara kandung juga tampaknya mengurangi kemungkinan terserang asma.

Diketahui bahwa anak-anak lebih rentan terhadap pemicu virus dan alergi daripada orang dewasa. Langkah penting dalam mengendalikan asma anak Anda adalah mengidentifikasi pemicunya dan mengajari anak Anda bagaimana mengenali pemicu asma mereka dan menghindarinya. Salah satu pemicu yang mungkin adalah ibuprofen, dengan lebih dari 100.000 anak rentan terhadap gejala asma yang ditimbulkan oleh obat tersebut.

Anak-anak cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di luar selama liburan musim panas. Jika serbuk sari atau tingkat tinggi ozon memicu asma anak Anda, Anda perlu memantau ini. Latihan fisik adalah pemicu umum asma anak-anak. Ajari anak Anda untuk minum obat jika perlu, dan lakukan latihan pemanasan sebelum aktivitas berat dan olahraga setelahnya.

Jika anak Anda pergi ke kemah selama liburan, pastikan mereka yang bertanggung jawab mengetahui manajemen asma dan rencana tindakan anak Anda. Ada kamp yang dirancang khusus untuk penderita asma di AS dan Kanada.

Sangat penting untuk memiliki rencana tindakan tertulis yang dengan jelas menyatakan obat apa yang harus diambil dan kapan, serta bagaimana menanggapi serangan asma. Anda atau anak Anda mungkin tidak ingat apa yang harus dilakukan pada saat sulit bagi mereka untuk bernafas, jadi penting untuk memiliki perincian penting secara tertulis.

Penting bagi Anda dan anak Anda untuk tetap tenang selama serangan karena panik dapat menghasilkan lebih banyak kesulitan bernafas. Naluri orang tua mungkin untuk memeluk anak mereka, tetapi itu akan membuat dada mereka semakin sempit.

Jika asma didiagnosis, langkah Anda selanjutnya adalah memberi tahu sekolah anak Anda. Setiap sekolah harus memungkinkan akses ke pengobatan asma dan beberapa memungkinkan anak untuk membawa dan mengelola sendiri obat asma mereka jika persyaratan tertentu adalah saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *